Manajemen Sekolah Yang Baik dan Benar


Manajemen Sekolah yang baik dan benar

Definisi Manajemen Sekolah


Apa definisi yang terlintas di pikiran Anda ketika kita membicarakan tentang manajemen sekolah? Bisa jadi, beberapa dari Anda memikirkan hal yang sama.

Dalam artikel ini, mari kita samakan persepsi kita tentang definisi manajemen sekolah, agar kita memiliki konsep pemikiran yang sama. Mari definisikan kata tersebut secara sederhana.

Manajemen sekolah adalah salah satu kegiatan yang dibuat untuk mengelola seluruh proses administrasi dalam sekolah sebagai sebuah organisasi yang utuh. Manajemen sekolah sendiri memiliki dua aspek, yaitu:

• Manajemen eksternal yang mencakup hubungan antara sekolah dengan pihak di lingkungan luar sekolah, seperti misalnya masyarakat setempat, pemimpin dari masyarakat setempat, dan pemimpin daerah, hingga dinas-dinas yang berkaitan dengan fungsi sekolah.

• Manajemen internal yang mencakup segala hal yang ada di sekolah, mulai dari infrastruktur seperti gedung sekolah, kelas, juga SDM yang ada di sekolah sebagai sebuah organisasi, seperti guru, kepala sekolah, staf, siswa, dan seluruh pihak-pihak lainnya, yang memiliki peran dalam membantu kemajuan sekolah.



Fungsi Manajemen Sekolah dan Bidang-Bidang Kegiatan Pendidikan


Setelah menyamakan definisi tentang manajemen sekolah, selanjutnya mari kita sama-sama mencari tahu tentang fungsi manajemen sekolah secara prakteknya.

G.R. Terry mengatakan, ada empat fungsi manajemen, yang terdiri dari:

• Perencanaan atau planning
• Pengorganisasian atau organizing
• Pelaksanaan atau actuating, dan
• Pengawasan atau controlling.

Ada pula pendapat dari ahli-ahli lainnya, tapi sebenarnya, secara garis besar, mereka memaparkan fungsi-fungsi yang serupa.

Sementara itu, dikatakan oleh DIrektorat Pendidikan Menengah Umum Depdiknas, ada beberapa bidang-bidang kegiatan dalam pendidikan sekolah, yaitu:

1. Manajemen Kurikulum


Manajemen sekolah kurikulum ini merupakan salah satu aspek utama di sekolah sebagai sebuah organisasi yang utuh. Prinsip dasarnya adalah mengusahakan supaya kegiatan belajar dan mengajar dapat berjalan dengan baik, sesuai dengan alur kerja yang sudah ditentukan sebelumnya. Manajemen kurikulum ini terdiri dari empat tahapan, yaitu; merencanakan, mengorganisasi dan koordinasi, melaksanakan, dan mengendalikan.

2. Manajemen Kesiswaan


Manajemen sekolah kesiswaan ini berfungsi untuk mengatur segala sesuatu terkait siswa yang menjadi bagian dari organisasi sekolah. Berbicara tentang bagaimana seharusnya para siswa diperlakukan, bagaimana guru harus mengamati kondisi masing-masing siswa dan mengakui perbedaan yang terdapat dalam diri masing-masing siswa, bagaimana caranya memberikan suntikan motivasi agar siswa mau belajar, dan bagaimana guru mampu membantu siswa dalam mengembangkan potensi dalam dirinya.

3. Manajemen Personalia


Manajemen sekolah personalia ini berbicara tentang bagaimana meningkatkan kualitas sekolah dengan memanfaatkan SDM terbaik, dan bagaimana menciptakan budaya kerja serta mengajar yang sehat agar semua pihak yang terlibat bisa mendapatkan hasil yang maksimal, juga memberikan yang terbaik untuk kemajuan sekolah.

4. Manajemen Keuangan


Manajemen keuangan ini tentu berkaitan tentang perputaran dana yang masuk dan yang keluar, dan bagaimana caranya menciptakan peraturan yang mampu memberikan keuntungan materiil agar sekolah bisa tetap beroperasi.

5. Manajemen Infrastruktur


Manajemen sekolah yang terakhir ini mengatur segala infrastruktur yang ada di sekolah, mendata dan merawat seluruh sarana dan prasarana yang ada di sekolah secara periodik, dan tata cara merawat serta memperbarui data-datanya.



Cara Manajemen Sekolah Yang Benar


Informasi Yang Selalu Update


Informasi adalah hal paling penting di zaman modern ini. Jika anda ingin meningkatkan pelayanan kepada siswa dan orangtua murid, langkah pertama yang bisa anda tempuh adalah memberikan informasi terbaru mengenai perkembangan anak mereka di sekolah anda. Manajemen sekolah yang baik haruslah memiliki portal informasi yang bisa siswa dan orangtuanya akses kapan saja dan dari mana saja. Dengan cara ini, orangtua murid tak perlu lagi datang ke sekolah untuk mencari informasi seputar siswa dan keperluan sekolah lainnya.

Pengelolaan Inventaris dan Asset


Tak bisa dipungkiri bahwa inventaris sekolah sangatlah rentan untuk rusak atau hilang. Benda-benda kecil seperti mouse di lab komputer, atau yang mudah rusak seperti mikroskop di lab biologi haruslah dijaga dan dirawat dengan baik. Karena jika tidak, maka sekolahlah yang akan menanggung ruginya. Penggunaan sistem inventaris yang terintegrasi dengan barcode sangatlah membantu pengelolaan inventaris sekolah. Dengan sistem inventaris, staf atau guru yang bertugas akan lebih mudah mencatat dan melacak keberadaan dan kondisi inventaris sekolah dengan lebih akurat.

Pengolahan Data Profil Siswa dan Guru


Jumlah pendaftar siswa baru sebuah sekolah biasanya sangatlah banyak. Makin popular sekolah tersebut, maka makin banyaklah orangtua yang ingin anaknya bersekolah di sana. Namun untuk pihak sekolah, ratusan atau ribuan data siswa baru berpotensi jadi penyebab sakit kepala. Inilah alasan sejumlah sekolah mulai menggunakan sistem CRM untuk membantu mereka. Sistem CRM akan mengotomatiskan pendataan para siswa baru tersebut sehingga pekerjaan yang biasanya menumpuk saat penerimaan siswa baru bisa berkurang cukup banyak.

Manajemen Guru dan Karyawan


Staf yang ada di lingkungan sekolah bukanlah hanya guru. Ada juga petugas administrasi, kemanan, petugas lab, hingga tukang kebun dan kebersihan. Mengelola data kehadiran, gaji, asuransi dan pajak untuk setiap karyawan pastilah akan makan waktu jika dilakukan secara manual. Sebab itulah sekolah dan universitas mulai menggunakan Aplikasi Manajemen Sekolah. Sistem ini akan memudahkan admin sekolah anda mengelola guru dan karyawan dengan lebih mudah, cepat dan akurat. Kelola gaji, absensi, sampai pengurusan asuransi dan pajak karyawan dalam satu platform.



Manajemen Sekolah yang Baik


Membuat manajemen sekolah yang baik tentu harus didiskusikan bersama dengan seluruh pihak ataupun perwakilan dari pihak yang akan terlibat nantinya. Usahakan untuk memenuhi segala aspek-aspek yang ada dalam penjelasan sebelumnya.

Selain itu, usahakan juga untuk membuat manajemen yang fleksibel, di mana artinya bisa diperbarui atau bahkan diganti ketika muncul sebuah keadaan yang mengharuskan pihak sekolah untuk merombak manajemen sekolah ke arah yang lebih baik.

Dan untuk membuat aplikasi seperti itu, tentu tidak mudah dan perlu dana yang lumayan besar. Namun, ada kabar gembira bagi sekolah di Indonesia. Sekarang ada platform gratis yang bisa menghandle semua kebutuhan sekolah dalam satu tempat. Termasuk didalamnya sudah tersedia aplikasi pembelajaran jarak jauh yang akan mempermudah guru dan siswa dalam belajar online.



Aplikasi Manajemen Sekolah Yang Baik


Aplikasi Manajemen Sekolah Gratis
Untuk menerapkan Manajemen Sekolah yang baik, anda harus menggunakan Aplikasi Manajemen Sekolah Standar untuk mempermudah dalam pengelolaan sekolah dan juga untuk dapat menganalisa.

Aplikasi Manajemen Sekolah ini dapat membantu anda untuk menganalisa profil siswa ,guru, presetasi siswa dan masih banyak lainnya. Pelajar.Online menyediakan Aplikasi manajemen skeolah gratis berbasis web untuk membantu sekolah sekolah dalam melakukan digitalisasi dan menerapkan manajemen sekolah sesuai standar.

Untuk dapat menggunakan Aplikasi Manajemen Sekolah gratis, silahkan klik tombol daftar dibawah ini.

DAFTAR