4 macam teknik bercocok tanam



4-macam-teknik-bercocok-tanam-


Cangkok

 

Mencangkok, kelupasan beberapa kulit secara melingkar pada cabang tangkai , selanjutnya dibalut dengan tanah/ media lain dan diikat lalu tunggu hingga tumbuh akar. Sesudah tumbuh akar, tangkai pohon dipotong lalu ditanamkan ditanah, mencangkok dilaksanakan untuk memperoleh/perbanyak tipe tanaman yang memiliki karakter sama dengan induk.

 

Stek

 

Menyetek ialah perbanyak tanaman yang bisa dilaksanakan secara mudah. Menyetek dilaksanakan dengan menggunting sisi tanaman (misalkan, lembar daun, batang daun, ranting, tangkai, akar, puncak) yang selanjutnya akan ditancapkan ke tanah atau ada juga irisan daun yang cukup ditempatkan di atas tanah. Pada beberapa kasus, ada yang penting ditaruh dahulu di di air sampai akarnya tumbuh.

 

Okulasi

 

Okulasi adalah langkah tingkatkan kualitas tumbuhan dengan tempelkan sepotong kulit pohon yang bermata tunas dari tangkai atas di suatu potongan dari kulit pohon lain dari tangkai bawah hingga tumbuh berpadu jadi tanaman yang baru.Okulasi sebagai tehnik pembiakan tanaman secara vegetatif dengan tempelkan mata tunas dari satu tanaman ke tanaman. Okulasi mempunyai tujuan untuk menyatukan karakter yang bagus dari tiap-tiap tanaman yang diokulasi hingga memperoleh varietas tumbuhan yang bagus.

 

Sambung

 

Sambung puncak tanaman yakni menjadikan satu di antara dua tanaman yang serupa tipe tetapi berlainan kualitas agar tumbuh berkembangbiak jadi satu tanaman yang unggul dan berkualitas, yang atas unggul mengenai hasil buah dan yang tahan pada hama yang bawah kualitas mengenai perakaran yang kuat dan tahan pada kekurangan air atau di saat kelebihan air.