6 kelompok hewan berdasarkan kelas atau familinya



6-kelompok-hewan-berdasarkan-kelas-atau-familinya


Umumnya hewan digolongkan bersama dalam kelas atau kerabat karena ada kemiripan karakter tertentu yang mereka punyai. Ini dapat bergantung pada performa, rutinitas makan, keunikan atau sikap mereka.

 

Dalam mengelompokkan hewan, ada istilah Kingdom Animalia, yakni kategorisasi dengan lingkup luas yang mengikutsertakan tiap hewan yang berada di dunia. Kingdom ini selanjutnya diperpecah jadi lebih dari 30 barisan, atau berupa filum. Hewan-hewan ini selanjutnya dibagi jadi dua tipe, yakni vertebrata dan invertebrata.

 

Lima kelas vertebrata yang terpopuler ialah mamalia, burung, ikan, reptil, dan amfibi. Semua hewan ini terhitung dalam filum chordata. Ada pula tipe hewan di dunia yang hidup tanpa tulang punggung. Hewan-hewan ini disebutkan invertebrata dan mereka terhitung dalam filum arthropoda (arthropoda). Dua dari kelas hewan yang paling dikenali dalam filum ini ialah serangga dan arakhnida (laba-laba).

 

Walau vertebrata mempunyai jumlah kelas hewan paling besar didalamnya, makhluk invertebrata ialah spesies hewan yang umum di dunia.

 

Dalam artikel ini kali, kami akan membahas beberapa jenis hewan berdasar kelas-kelasnya dan dengan misalnya, yang diambil dari leafyplace.com.

 

1. Ikan

 

Beberapa jenis hewan yang pertama ialah ikan. Ikan ialah vertebrata yang hidup di air. Mereka ialah hewan berdarah dingin yang dikelompokkan ke Filum Chordata dan Subphylum Vertebrata

 

Ikan ialah hewan air dalam filum Chordata dan digolongkan bersama dengan vertebrata yang lain. Ikan diperbedakan dengan hewan lain karena mempunyai sisik, sirip, dan insang. Sebagai hewan berdarah dingin, ikan perlu berenang di air dengan temperatur yang pas untuk mengatur temperatur badannya.

 

Kelompok ikan sebagai kelas hewan paling besar yang menempati laut, samudra, danau, dan sungai. Tidak seperti amfibi yang bisa hidup di air dan darat, ikan harus habiskan semua waktunya di di air. Walau ikan bisa mengisap udara, mereka biasanya memakai insangnya untuk bernapas dan memperoleh oksigen dari air.

 

Ada lebih dari 33.600 spesies ikan yang diprediksi hidup di perairan, baik dari kolam dangkal sampai sisi laut paling dalam. Berdasar sebagian prediksi, ada semakin banyak spesies ikan dibanding kelas vertebrata yang lain di planet ini.

 

Tetapi harus diingat jika, karena hanya hewan itu habiskan hidupnya di air, tidak berarti dia terhitung dalam kerajaan ikan. Misalkan paus, yang terhitung dalam kelas Mamalia karena mereka memberikan anaknya dengan menyusui. Tidak seperti ikan, mereka mempunyai paru-paru dan perlu naik ke atas air untuk cari udara.

 

Contoh ikan yang terbanyak dimakan ialah ikan yang terhitung ke tipe ikan bertulang, seperti salmon, pollock, cod, mackerel, dan tuna.

 

2. Burung

 

Beberapa jenis hewan yang ke-2 yakni burung. Burung ialah kelas hewan yang mempunyai jumlah vertebrata terbang paling banyak. Kelompok burung dikenal dari bukti jika mereka mempunyai bulu-bulu. Walau sebenarnya, burung sebagai salah satu kelompok hewan yang mempunyai bulu-bulu. Walau semua tipe burung mengawali hidup sebagai telur dan umumnya burung terbang, kelas hewan lain mempunyai karakter yang serupa.

 

Burung terhitung dalam filum Chordata dan ada di kelas Aves. Barisan hewan burung bersayap ini terhitung dalam barisan makhluk berdarah panas. Umumnya burung gampang dideteksi karena cirinya, yakni mempunyai paruh, sayap, bulu-bulu, dan bukti jika mereka mengawali kehidupan dalam telur.

 

Diprediksi ada lebih dari 18.000 spesies burung. Burung bisa bervariatif ukuran dari burung unta raksasa yang tidak bisa terbang dengan tinggi lebih dari 9 kaki (2,75 m) sampai burung kolibri imut yang elok memiliki ukuran cuman 2 "(5 cm). Burung termasuk juga hewan yang paling warna dan elok. Misalkan, burung beo, burung cendrawasih, burung wren, kutilang, dan burung merak mempunyai beberapa warna yang mengagumkan.

 

Ada pula spesies burung yang kemungkinan tidak Anda kira sebagai burung. Salah satunya spesies itu ialah barisan burung dalam keluarga Spheniscidae yang umum disebutkan penguin. Genera spesies ini menempati beberapa negara di belahan bumi Selatan dan Amerika Selatan. Walau mereka tidak dapat terbang dan habiskan beberapa waktu untuk berenang, mereka terhitung dalam kategorisasi burung.

 

3. Mamalia

 

Beberapa jenis hewan yang ke-3 yakni mamalia. Mamalia ialah vertebrata berdarah panas yang terhitung dalam kelas Mamalia

 

Mamalia adalah kelas hewan yang paling kita mengenal. Manusia sukai memiara mamalia seperti anjing, kucing, kelinci, bahkan juga babi sebagai hewan piaraan. Menariknya, kelas hewan yang disebutkan Mamalia bukan kelas hewan paling besar. Cuman ada sekitaran 4.000 tipe mamalia di dunia.

 

Ciri-ciri khusus mamalia ialah langkah mereka memberikan makan anaknya dengan menyusui. Semua hewan yang terhitung dalam kelas Mamalia ialah vertebrata berdarah panas. Walau mamalia secara umum ialah makhluk dengan bulu berkaki 2 atau 4 yang hidup di darat, ada pula tipe mamalia terbang (seperti kelelawar) dan mamalia perenang (seperti berang-berang dan anjing laut).

 

Walau spesies mamalia bukan yang terbanyak dari kerajaan hewan, ada banyak mamalia yang paling bermacam. Mamalia gampang dikenal karena minimal ada 3 ciri-ciri yang tidak diketemukan pada hewan lain, yakni mempunyai 3 tulang telinga tengah, mempunyai bulu-bulu atau rambut, dan mamalia betina hasilkan susu.

 

Sebagai hewan berdarah panas, mamalia bisa menyesuaikan dengan beragam temperatur. Misalkan, beruang kutub, serigala kutub, dan muskox yang semua bertahan hidup pada keadaan beku. Di lain sisi, mamalia seperti unta, singa, harimau, kucing liar, dan anjing rimba bisa hidup pada suhu yang paling panas.

 

Ada pula beberapa spesies hewan yang kemungkinan Anda kira sebagai spesies ikan tapi sebetulnya ialah mamalia. Contoh-contoh mamalia laut ialah lumba-lumba, paus, dan porpoise. Seperti mamalia yang hidup di darat, mamalia yang hidup di air (mamalia air) memberikan makan anak-anaknya susu.

 

Dua yang sangat menarik dari semua mamalia ialah platypus paruh bebek dan trenggiling berduri. Makhluk dengan bulu dan berduri ini bertelur tapi dikelompokkan sebagai mamalia karena mereka memberikan makan susu pada anak-anaknya.