cara mengolompokan golongan darah manusia melalui sistem abo dan rhesus (rh)



cara-mengolompokan-golongan-darah-manusia-melalui-sistem-abo-dan-rhesus-(rh)


Apakah sudah Anda ketahui kelompok darah Anda? Untuk ketahui kelompok darah, Anda dapat memeriksanya pada tempat servis kesehatan seperti puskesmas.

 

Bukan hanya manusia, hewan seperti anjing dan kucing mempunyai kelompok darah mereka semasing. Untuk ketahui kelompok darah hewan, dapat dilihat di klinik hewan atau di dokter hewan.

 

Penggolongan darah diketemukan oleh periset Austria, Karl Landsteiner. Diambil dari Situs MD, mekanisme ini diketemukan Landsteiner tahun 1901.

 

Awalnya beberapa orang wafat karena transfusi darah yang tidak sesuai dengan golongannya. Ini disebabkan karena pengetahuan bila darah manusia sama.

 

Kelompok darah ialah kategorisasi darah pada manusia. Kelompok darah manusia berbeda sesuai gen yang dibawa dari orangtua.

 

Molekul protein jadi factor yang membuat kelompok darah berlainan. Molekul protein itu disebutkan antigen dan anti-bodi.

 

Antigen ada di atas sel darah merah. Dan anti-bodi ialah pangkalan dari plasma darah. Gabungan dua protein ini jadi dasar pengelompokan kelompok darah.

 

Penetapan kelompok darah

 

Ada dua mekanisme yang dipakai untuk tentukan kelompok darah. Dua mekanisme itu ialah: Mekanisme ABO dan Rhesus (Rh).

 

Mekanisme ABO, dikutip dari NHS, mengategorikan darah jadi 4 barisan salah satunya:

- Kelompok darah A: Mempunyai antigen A dan anti-bodi anti-B

- Kelompok darah B: Mempunyai antigen B dan anti-bodi anti-A

- Kelompok darah O: Tidak mempunyai antigen, tapi mempunyai anti-bodi anti-A dan anti-B

- Kelompok darah AB: Mempunyai antigen A dan B, tetapi tidak mempunyai anti-bodi.

 

Mekanisme Rh sebagai pengelompokan sesuai RhD antigen sel darah merah. RhD antigen mempunyai 2 tipe: positif dan negatif.

 

Pengelompokan memakai mekanisme Rh membagikan kelompok darah jadi 8, salah satunya:

- A RhD positif (A+)

- A RhD negatif (A-)

- B RhD positif (B+)

- B RhD negatif (B-)

- O RhD positif (O+)

- O RhD negatif (O-)

- AB RhD positif (AB+)

- AB RhD negatif (AB-)

 

Keutamaan ketahui kelompok darah

 

Ketahui kelompok darah Anda penting. Bila terjadi kecelakaan, faksi rumah sakit dapat memberi transfusi darah yang sesuai kelompok darah.

 

Memberi transfusi darah ke bukan golongannya berefek tinggi sekali. Contoh kelompok darah A diberi pada kelompok darah B.

 

Anti-A pada kelompok darah B akan menampik darah kelompok A. Selanjutnya bisa terjadi aglutinasi pada darah. Aglutinasi ini dapat menyebabkan kematian.

 

Transfusi darah ke kelompok darah yang serupa benar-benar dianjurkan. Tapi ada kasus khusus di mana darah dapat di transfusi ke banyak kelompok darah yang lain.

 

Kelompok darah O- dapat di donorkan ke semua kelompok darah saat kondisi penting. Ini dikarenakan oleh kelompok darah O- tidak mempunyai anti-bodi A dan B.

 

Tetapi perlakuan transfusi antara kelompok darah ini cuman dilaksanakan saat kondisi yang betul-betul darurat.

 

Karena kelompok darah berlainan, warga yakin bila karakter seorang dapat ditetapkan dengan kelompok darahnya.

 

Telah banyak yang mengulas berkenaan orang bergolongan darah A, B, O, dan AB. Banyak warga yakin bila kelompok darah A mempunyai jiwa kepimpinan yang kuat. Dan kelompok darah AB mempunyai individu yang unik.